mari berbagi..

berbagi..
meski tak banyak..
tetap saja berarti..

Senin, 13 Februari 2012

jangan jadikan mereka bebek..

Entah mengapa akhir-akhir ini saya sering mengikuti berita ttg pak Dahlan Iskan. Karena kebetulan memang saya menyukai orang-orang macam ini. Entah orang lain suka atau tidak, yang jelas saya mengagumi sepak terjangnya, yang sering saya ikuti melalui tulisan-tulisannya. Tak peduli apakah dia dianggap nyleneh, nyentrik, atau ada yg lebih kasar menganggap dia hanya cari muka atau cari sensasi. Mulai dari kebiasaan cara berpakaiannya, suka blusukan, suka naik kereta ekonomi, naik ojek dan sebagainya.

Oh, ya..kebetulan tadi saya menemukan sedikit catatan kecil dari pak Dais : "Orang yang terlalu sering diberi arahan akan jadi bebek", kira-kira seperti itu bunyinya.

Pernah lihat orang yg menggembala bebek kan? Biasanya mereka pake topi anyaman bambu yang lebar dan membawa sebilah bambu kecil panjang yang fungsinya untuk mengarahkan bebek-bebeknya. Bebek-bebek yang digembala ini biasanya jalannya cepat dan bergerombol sehingga mereka harus sering diarahkan dengan bilah bambu tersebut. Karena terbiasa diarahkan oleh tuannya, bebek-bebek ini akan nyasar kalau dibiarkan jalan sendirian.

Jadi jika anda punya karyawan, anak buah atau bawahan, jangan terlalu sering memberikan arahan kepada mereka. Jangan terlalu suka mengarahkan mereka. Kamu harus gini, atau kamu tidak boleh begitu, atau kamu seharusnya melakukan ini, ini, ini dan seterusnya.

Itu akan menjadikan ide mereka mampet. Mampet karena ketika mereka akan bergerak, berkreasi atau berinisiatif memecahkan persoalan, mereka jutru harus mengikuti kemauan anda. Sementara belum tentu solusi yang anda tawarkan adalah jalan terbaik.

Dan yang terpenting adalah akan menyebabkan mereka menjadi penakut. Takut salah, takut anda omeli, takut anda marahi. Perasaan takut inilah yang membuat mereka jadi kerdil dan tak bisa berkembang. Perasaan kerdil inilah yang akan menghambat munculnya ide-ide brillian, pemikiran-pemikiran hebat. Perasaan kerdil jugalah yang akan menyebabkan usaha anda tak bisa berkembang, bisnis anda hanya berjalan di tempat, sebab anak buah Anda tidak bisa berkembang.

Jadi, menurut hemat saya, biarlah mereka berinisiatif. Beri mereka kesempatan untuk menyampaikan ide-idenya, kesempatan untuk berkarya. Beri mereka lebih banyak kepercayaan, sebab kepercayaan akan melahirkan tanggung jawab. Semakin banyak kepercayaan yang anda berikan, sedikit demi sedikit akan memupuk rasa tanggung jawab dan kepecayaan diri mereka.

Jadi, kurangilah sifat memaksa anda. Jangan jadikan mereka bebek!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar