mari berbagi..

berbagi..
meski tak banyak..
tetap saja berarti..

Senin, 14 Februari 2011

ikhlas..

jangan bersedih jika suatu saat kebaikan kita ternyata tidak dihargai orang lain. tak usah marah. bukankah tak semua kebaikan harus berbalas? jika kita marah, bisa jadi kita kurang ikhlas.
niatkanlah semua amal perbuatan kita semata-mata untuk Allah SWT. sebab hanya Ia Yang Maha Kaya. sebab hanya Ia yang akan memberi pahala. sebab hanya Allah-lah yang akan membalas semua amal kebaikan kita.
yang sering salah pada kita adalah karena kita sering menginginkan balasan setimpal atas kebaikan yang kita lakukan. kadang hati kita mudah berbunga-bunga saat dipuji orang lain. kadang mata kita berbinar-binar saat orang menyebut kebaikan-kebaikan kita. seakan-akan kitalah yang paling berjasa.
saat kita berbuat kebaikan, anggap saja itu hanyalah hal kecil. hal kecil yang sudah seharusnya kita lakukan. hal yang tak perlu dibesar-besarkan. tak perlu dipusingkan.
memang ikhlas itu harus dilatih, bahkan untuk memulainya kadang harus dipaksa. perlu dipaksa karena kadang hati kita sudah membeku karena tak terbiasa berbuat dengan ikhlas. berbagai kesibukan telah membuat hati kita menjadi tumpul. 
setelah kita berhasil satu langkah, jaga terus perasaan ikhlas itu. teruslah berlatih. tingkatkan. hingga akhirnya ikhlas itu bersemayam dalam hati kita.
jika ikhlas telah benar-benar menguasai hati, percayalah, kita tak perlu lagi bersedih seandainya kebaikan kita tak mendapatkan balasan. berbuat kebaikan bagi kita ibarat menghirup udara di sekeliling kita, namun otak kita tak pernah memusingkannya. sesuatu hal yang sudah seharusnya dilakukan. sesuatu yang akan berjalan dengan sendirinya.
mulailah berlatih ikhlas dari sekarang. dan tak perlu bersedih jika kebaikan kita tak dihargai orang lain. insya Allah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar